whatsapp

Tips Menentukan Goal Perusahaan

Panduan Menentukan Goal Perusahaan Definisi Goal perusahaan adalah tujuan yang diantisipasi perusahaan untuk dicapai dalam kurun waktu tertentu. Tujuan biasanya mewakili visi besar perusahaan dan hasil akhir yang diharapkan pegawai dalam bekerja. Mengapa…

Pelajari Selengkapnya

Tips Menentukan Goal Perusahaan

Panduan Menentukan Goal Perusahaan

Definisi

Goal perusahaan adalah tujuan yang diantisipasi perusahaan untuk dicapai dalam kurun waktu tertentu. Tujuan biasanya mewakili visi besar perusahaan dan hasil akhir yang diharapkan pegawai dalam bekerja.

Mengapa Menentukan Goal Perusahaan Penting?

Menentukan dan mengawasi goal perusahaan adalah bagian esensial untuk pertumbuhan bisnis. Tanpa tujuan jelas, perusahaan tidak memiliki cara memantau kemajuan perusahaan dan memastikan seluruh tim telah bekerja berdasarkan visi dan misi yang diharapkan. Maka dari itu, menetapkan goal membantu menciptakan arahan jelas bagi perusahaan dalam jangka panjang.

Tips Menentukan Goal Perusahaan

Gunakan Metode SMART

Sebelum menetapkan goal, perusahaan harus terlebih dahulu mempelajari metode penetapan goal yang tepat. Metode penetapan goal yang paling sering digunakan adalah SMART goal. SMART goal telah digunakan oleh banyak eksekutif dan pelaku bisnis untuk menumbuhkan dan mengubah bisnis secara sistematis. Berikut lima tahapan metode SMART.
Specific
Perusahaan membuat goal sejelas dan sespesifik mungkin. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk menggambarkan dan memvisualisasikan goal, maka semakin besar pula kemungkinan perusahaan dapat mencapainya.
Measureable
Penentuan goal harus dapat menguraikan kriteria khusus yang dapat menunjukkan dan mengukur kemajuan bisnis. Hal ini tidak hanya mempermudah perusahaan mengetahui tingkat keberhasilan goal, tetapi juga membantu pegawai tetap sejalan dengan visi dan membuat mereka lebih bertanggung jawab.
Attainable
Goal dapat secara realistis dicapai oleh perusahaan. Pada tahapan ini, perusahaan mempertimbangkan batasan apa saja yang dapat menghalangi bisnis mencapai goal tersebut.
Relevant
Penentuan goal memiliki keselarasan dengan jalur bisnis perusahaan. Perusahaan dapat melihat dengan jelas manfaat dari pencapaian goal dan mengapa goal tersebut penting bagi bisnis.
Timely
Goal harus berorientasi pada waktu. Orientasi waktu memungkinpan perusahaan melihat seberapa banyak akvitias yang dibutuhkan setiap hari untuk mencapai goal.

Berkomitmen Terhadap Goal

Setelah goal telah ditentukan, perusahaan perlu berkomitmen untuk menjalankannya hingga akhir. Goal sebagus apapun tidak akan berhasil jika perusahaan berhenti di tengah jalan. Jalani prosesnya, evaluasi hasil, dan lakukan berbagai upaya untuk tetap termotivasi sepanjang proses pencapaian goal perusahaan.

Mengukur Perkembangan  Secara Berkala

Perusahaan perlu menemukan cara untuk mengukur perkembangan goal secara berkala. Penggunaan spreadsheet dapat digunakan untuk melacak metrik keberhasilan goal setiap bulannya. Pengukuran berkala membantu perusahaan mengetahui apa yang berhasil dan tidak selama proses pencapaian goal. Pegaw.ai adalah platform manajemen kebutuhan sumber daya manusia yang fleksibel dan komprehensif. Pembuatan fitur Pegaw.ai sudah melalui tahapan riset kebijakan HR di berbagai perusahaan lintas industri. Apapun goal yang perusahaan ingin capai, Pegaw.ai hadir sebagai solusi dalam mengatasi tantangan dan kebutuhan bisnis anda.