whatsapp

Tantangan Shift Kerja di Industri F&B

Shift kerja di industri F&B perlu dikelola dengan saksama untuk memastikan pegawai datang tepat waktu selama shift yang ditentukan sehingga usaha dapat berjalan secara lancar dan efisien. Industri F&B adalah bidang usaha yang…

Pelajari Selengkapnya

Tantangan Shift Kerja di Industri F&B

Shift kerja di industri F&B perlu dikelola dengan saksama untuk memastikan pegawai datang tepat waktu selama shift yang ditentukan sehingga usaha dapat berjalan secara lancar dan efisien. Industri F&B adalah bidang usaha yang bergerak cepat, tim HR dapat menghabiskan banyak waktu untuk memastikan pegawai datang selama shift sementara harus menangani aspek operasional lainnya. Pandemi telah memberikan dampak besar terhadap industri F&B. Penutupan lokasi, pembatasan makan di tempat, ketidakpastian ekonomi telah membuat perusahaan tidak memiliki privilege dalam melakukan kesalahan. Maka dari itu, penting bagi tim HR untuk mengetahui tantangan shift kerja di industri F&B sehingga dapat melakukan langkah pencegahan permasalahan.  

Penjelasan Tantangan Shift Kerja di Industri F&B

Pengertian Shift Kerja dan Industri F&B

Shift Kerja

Shift kerja mengacu pada jadwal kerja yang dilakukan secara bergiliran. Sebagai contoh, beberapa pegawai mungkin mengisi peran di siang hari sementara yang lain mungkin bekerja di malam atau pagi hari. Shift kerja biasanya dilakukan untuk perusahaan yang beroperasi selama 24 jam.

Industri F&B

Industri F&B adalah bidang bisnis yang menyediakan jasa layanan serta penjualan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen.  

Struktur Organisasi Industri F&B

Food and Beverage Manager

F&B manager bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan F&B.

Food and Beverage Director

F&B director bertugas atas seluruh aktivitas bisnis dari dua departemen perusahaan, yaitu departemen F&B service dan F&B product.

Outlet Manager

Outlet manager bertanggung jawab atas pembuatan kebijakan terkait peningkatan keterampilan pegawai dan perancangan promosi produk.

Supervisor Restaurant (Head Waiter)

Supervisor restaurant bertugas dalam memeriksa laporan harian, meninjau, dan mengatur pembagian kerja pegawai secara terstruktur.

Line Cook

Line cook bertanggung jawab untuk menyajikan makanan sesuai dengan standar kualitas perusahaan.

Waiter

Waiter memiliki tanggung jawab untuk mencatat pesanan konsumen serta menjaga kebersihan alat dan area makan konsumen.

Cashier

Cashier bertanggung jawab untuk melayani dan menerima transaksi pembelian konsumen.

Tantangan Shift Kerja di Industri F&B

Jam Buka dan Kerja yang Berbeda

Industri F&B dengan banyak cabang memiliki pengaruh besar terhadap jam buka dan kerja pegawai. Jam buka dan kerja suatu cabang bergantung pada lingkungan dan situasi bisnis itu dibuka. Perusahaan industri F&B dengan produk minuman yang membuka cabang di mall akan mempunyai jam buka antara sembilan atau sepuluh pagi, menyesuaikan dengan kebijakan tempat. Akan tetapi jika perusahaan membuka cabang di rumah sakit, usaha kemungkinan besar akan buka selama 24 jam dikarenakan adanya pasien menginap sehingga kebutuhan konsumsi selalu ada. Perbedaan jam buka dan kerja ini tentu mengubah shift kerja pegawai untuk menyesuaikan tempat cabang bisnis dibuka.

Perubahan Shift Kerja

Dalam industri F&B, jadwal kerja sering ditetapkan dengan waktu mulai dan selesai bekerja berbeda-beda untuk masing-masing pegawai. Industri terkadang mengalami perubahan dalam permintaan layanan. Sebuah vendor makanan mungkin tiba-tiba sibuk pada hari yang biasanya sepi. Pegawai harus diberi pemberitahuan 24 jam sebelumnya mengenai perubahan shift kecuali jika pegawai dibayar lembur untuk waktu bekerja atau shift diperpanjang sebelum berakhir. Perusahaan tidak dapat memberikan sanksi kepada pegawai karena tidak hadir bekerja jika tidak memberikan pemberitahuan tersebut. Tim HR dituntut untuk mampu mengelola perubahan shift kerja dan memberikan pemberitahuan tepat waktu kepada pegawai.

Inkonsistensi Data Pegawai

Ekspansi bisnis F&B cenderung memiliki sistem pengelolaan data pegawai yang berbeda di masing-masing cabang. Sistem pengelolaan data yang berbeda akan berpotensi menimbulkan inkonsistensi akibat data ganda. Inkonsistensi data pegawai akan membuat prosedur validasi cuti lebih lama dikarenakan tim HR harus menghabiskan waktu memeriksa ulang data pengajuan cuti dan mengoreksi data tersebut.  

Solusi HR untuk Pengelolaan Shift Kerja

Mengelola bisnis berbasis shift menghadapi permasalahan kompleks untuk membuat jadwal yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tenaga kerja. Tim HR perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat jadwal kerja sempurna dengan mempertimbangkan jumlah pegawai, kualifikasi, tingkat keterampilan, dan menemukan pegawai mana yang dapat bekerja optimal dalam satu tim. Solusi HR dapat membantu tim HR mengelola jadwal kerja, mengalokasikan, dan memastikan ketersediaan sumber daya manusia di setiap shift yang direncanakan. Pegaw.ai adalah platform manajemen kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki fungsi manajemen operasional dan strategis HR. Semua ukuran perusahaan (mikro, kecil, menengah, besar), apapun industri dan jenis usahanya, Pegaw.ai dapat dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan Anda.   coba gratis pegaw.ai