whatsapp

Strategi Efektif Kelola HR di Masa Pandemi

Di tengah situasi COVID-19, banyak perusahaan yang harus memutar otak untuk membantu pengelolaan HR di masa pandemi. Salah satunya kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Pekerja dituntut untuk beradaptasi dengan…

Pelajari Selengkapnya
Coming Soon

Strategi Efektif Kelola HR di Masa Pandemi

Di tengah situasi COVID-19, banyak perusahaan yang harus memutar otak untuk membantu pengelolaan HR di masa pandemi. Salah satunya kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Pekerja dituntut untuk beradaptasi dengan cepat dan tanggap saat ini.

Berbagai tantangan hadir dalam proses adaptasi tersebut, dan yang paling sering dijumpai adalah masalah terkait sistem pengelolaan karyawan dan pengawasan kinerja mereka. Oleh karena itu, perusahaan perlu menerapkan strategi efektif untuk mengelola karyawan di masa pandemi. Apa saja strategi efektif untuk mengelola karyawan yang perlu diterapkan perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Ciptakan komunikasi yang jelas

Sumber: depositphotos

Komunikasi yang efektif merupakan salah satu kunci keberhasilan, khususnya bagi karyawan yang bekerja dari lokasi yang berbeda dari karyawan lainnya. Dengan komunikasi yang jelas dan efektif, setiap pimpinan dapat menerapkan manajemen pengelolaan dan pengawasan dengan baik.

Agar memiliki budaya komunikatif yang baik, perusahaan perlu memberi informasi yang jelas terkait tugas dan tanggung jawab masing-masing karyawan. Saat ini, sudah tersedia solusi teknologi untuk membantu karyawan dan manajemen berkomunikasi secara efektif dari lokasi yang berbeda untuk mencapai tujuan tertentu, khususnya yang berkaitan dengan efektivitas kinerja. 

Perusahaan dapat memanfaatkan solusi HRMS untuk menentukan kualifikasi kategori pekerjaan secara cepat dan mudah, menentukan deskripsi pekerjaan agar masing-masing karyawan mengetahui tugas dan tanggung jawabnya secara keseluruhan, memantau kehadiran karyawan di lokasi mana pun, dan fitur lainnya yang membantu karyawan bekerja secara lebih efektif karena seluruh alur informasi dapat dilihat sistem.

 

2. Tetapkan target yang jelas dan realistis

One arrow of many hitting the center of the target | Credit: alphaspirit @ iStockphoto

Agar karyawan yang bekerja lebih termotivasi, tetapkanlah target yang jelas untuk dicapai oleh setiap karyawan. Di masa pandemi, kehadiran tatap muka bukan lagi menjadi prioritas untuk mengukur kinerja karyawan. Untuk saat ini, kualitas hasil kerja merupakan hal utama untuk mengukur kinerja karyawan.

Jika perusahaan ingin menerapkan strategi efektif untuk mempertahankan kinerja karyawan dan perusahaan, manajemen harus memberikan target kerja yang jelas dan realistis kepada karyawannya.

Untuk dapat memberikan target yang jelas dan realistis, manajemen perlu mengetahui potensi masing-masing karyawan. Bagaimana cara yang tepat untuk mengetahuinya? Saat ini, perusahaan dapat memanfaatkan solusi HRMS untuk mengetahui potensi masing-masing karyawan.

Dengan solusi HRMS, perusahaan dan tim HR dapat melakukan pencatatan mengenai seluruh informasi latar belakang seluruh karyawan seperti latar belakang pendidikan, keahlian, pelatihan, dan pengalaman kerja.

 

3. Terapkan pengelolaan cuti yang efektif

Sumber: depositphotos

Di masa pandemi, memiliki strategi pengelolaan cuti yang efektif merupakan hal yang krusial bagi perusahaan. Hal tersebut disebabkan karena karyawan lebih rentan terhadap penyakit dan urusan-urusan lainnya yang berkaitan dengan orang terdekat karyawan, sehingga pengajuan cuti di masa pandemi ini akan lebih sering diajukan oleh karyawan.

Untuk memudahkan tim HR mengelola kuota cuti karyawan, proses pengelolaan manual tidak lagi efektif bagi mereka. Perusahaan dapat memudahkan pengelolaan cuti karyawan dengan solusi HRMS. Solusi HRMS memiliki fitur pengelolaan cuti  yang memudahkan karyawan untuk mengajukan cuti – dari mulai berapa lama, hingga jenis cuti yang diajukan.

Semua data akan terekam dalam database sistem HRMS secara otomatis. Jadi, perhitungan cuti akan selalu tepat dan akurat.

 

4.      Gunakan teknologi yang tepat untuk memudahkan pekerjaan tim HR Sumber: dreamstime.com

Dari seluruh penjelasan mengenai strategi efektif untuk mengelola karyawan di masa pandemi, dapat disimpulkan bahwa seluruh strategi tersebut dapat diterapkan dengan bantuan teknologi yang tepat.

Mengelola karyawan dan mengetahui kinerja mereka secara transparan dapat menjadi tantangan yang sulit bagi perusahaan jika perusahaan tersebut tidak memanfaatkan teknologi penunjang kinerja tim HR, yaitu solusi HRMS. Saat ini, perusahaan dapat memenuhi semua kebutuhan dasar pengelolaan karyawan dengan mudah, dapat diakses di mana saja dalam satu genggaman melalui aplikasi Pegaw.ai.

Pegaw.ai memberikan kemudahan bagi tim HR menerapkan strategi efektif untuk mengelola karyawan di masa pandemi, seperti kemudahan dalam pencatatan kehadiran di mana saja, pengajuan cuti dan izin, pemutakhiran data karyawan, pengurusan klaim, kalkulasi pajak dan BPJS, layanan mandiri, dan berbagai fitur kebutuhan perusahaan lainnya untuk mengelola karyawan.

Pegaw.ai akan hadir untuk memudahkan administrasi HR Anda secepatnya. Catat tanggal dan waktunya: Sabtu, 1 Mei 2021. Ikuti perkembangan Pegawai lebih lanjut dan ketahui bagaimana solusi kami dapat membantu kegiatan bisnis Anda.