whatsapp

Perbedaan HRIS dan HRMS

Jika Anda sedang mencari tahu tentang teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan tim HR, pasti Anda menemukannya dengan beragam istilah. Ada yang menyebutnya HRIS (Human Resource Information System), ada juga yang menyebutnya HRMS (Human…

Pelajari Selengkapnya
Coming Soon

Perbedaan HRIS dan HRMS

Jika Anda sedang mencari tahu tentang teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan tim HR, pasti Anda menemukannya dengan beragam istilah. Ada yang menyebutnya HRIS (Human Resource Information System), ada juga yang menyebutnya HRMS (Human Resource Management System).

Banyak sumber yang menggunakan istilah HRIS dan HRMS secara bersamaan, namun sumber lainnya menyebutkan bahwa HRIS dan HRMS memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Sebenarnya, apakah HRIS dan HRMS memiliki arti dan fungsi yang sama? Atau justru keduanya adalah dua sistem yang berbeda? Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menentukan apa yang perusahaan Anda butuhkan?

Terus baca artikel ini untuk mengetahui perbedaan HRIS dan HRMS.

Tentang HRIS (Human Resource Information System)

HRIS adalah sistem dengan fungsi yang dapat memudahkan pekerjaan utama tim HR, khususnya untuk pekerjaan administratif. Bisa dikatakan bahwa HRIS adalah sistem yang paling dasar dalam kategori software HR, karena semua software HR pasti memiliki fungsi HRIS ini. Untuk lebih menyempurnakan software HR, para developer menambahkan fitur-fitur yang ada pada software HR, yang kemudian dikenal dengan istilah HRMS.

HRIS atau Human Resource Information System adalah sistem yang erat kaitannya dengan informasi. Platform ini dapat dimanfaatkan tim HR untuk melihat dan mencatat informasi yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

HRIS menyimpan database karyawan dengan fungsi yang dibangun untuk mengelola database tersebut, lalu dimanfaatkan untuk melihat dan mencatat data masing-masing karyawan, departemen/divisi, atau perusahaan secara keseluruhan.

Umumnya, HRIS cocok digunakan oleh perusahaan dari berbagai ukuran dan industri, karena fungsi utama HRIS adalah untuk memudahkan pengelolaan seluruh informasi operasional perusahaan secara digital.  

Tentang HRMS (Human Resource Management System)

Berbeda dari HRIS, HRMS adalah sistem yang mencakup semua fungsi HRIS dengan tambahan fungsi yang lebih luas. Jika HRIS adalah sistem yang berkaitan dengan informasi dan biasanya difungsikan untuk kebutuhan operasional perusahaan, maka HRMS sangat berbeda dengan HRIS.

HRMS ini lebih difungsikan untuk kebutuhan manajemen. HRMS memudahkan tim HR atau user dalam mengerjakan tugas yang bersifat strategis, menganalisa data, dan membuat laporan terkait kinerja karyawan secara keseluruhan.

Secara umum, HRMS terdiri dari fungsi-fungsi berikut:

  • Performance management: Menetapkan standar kinerja karyawan dan mengevaluasi kinerja berdasarkan standar tersebut.
  • Recruiting: Mengelola proses perekrutan – mulai dari mengunggah lowongan pekerjaan, menerima dokumen kandidat, hingga menentukan kandidat yang tepat.
  • Onboarding: Menyederhanakan proses penerimaan karyawan baru dan mengetahui pelatihan yang dibutuhkan masing-masing karyawan.
  • Reporting: Membuat laporan dan menganalisanya untuk mengetahui tren dan insight yang dapat ditindaklanjuti.

Fungsi dan manfaat yang ditawarkan HRMS dapat membantu tim HR berperan lebih baik dalam kemajuan perusahaan. Saat ini, penggunaan HRMS tidak terbatas untuk perusahaan menengah hingga besar saja. Perusahaan kecil yang ingin mengembangkan perusahaannya juga dapat memanfaatkan HRMS, karena fungsinya dapat dimanfaatkan untuk mempermudah tugas-tugas yang bersifat strategis dan membutuhkan analisa. Dengan begitu, HRMS dapat membantu manajemen perusahaan menentukan keputusan tepat untuk membangun kemajuan perusahaan.  

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham mengenai perbedaan HRIS dan HRMS? Perbedaan HRIS dan HRMS terletak pada kemampuan dan manfaat yang ditawarkan bagi user.

Sistem HRIS dan HRMS sama-sama dibutuhkan oleh perusahaan. Kembali ke kebutuhan setiap perusahaan, jika hanya ingin memudahkan pekerjaan tim HR dalam mengelola informasi karyawan, maka HRIS adalah pilihan yang tepat. Jika ingin fungsi yang lebih strategis hingga analisa, maka HRMS jawabannya.

Ada banyak software HR yang bisa dikategorikan sebagai HRIS, namun tidak semua software HR masuk dalam kategori HRMS. Salah satu software HR yang dapat dikategorikan sebagai HRMS adalah Pegaw.ai. Pegaw.ai adalah solusi HRMS fleksibel yang dapat digunakan perusahaan tanpa ada batasan user. Perusahaan dapat memilih paket yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah karyawan yang dimiliki.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di sini.