whatsapp

Pastikan Fitur-Fitur Ini Ada pada Solusi HRMS yang Anda Pilih!

Untuk memudahkan tim HR dalam mengelola proses manajemen karyawan, saat ini sudah tersedia solusi HRMS yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh perusahaan, tidak terkecuali untuk perusahaan kecil hingga menengah. Solusi HRMS memiliki fungsi utama…

Pelajari Selengkapnya
Coming Soon

Pastikan Fitur-Fitur Ini Ada pada Solusi HRMS yang Anda Pilih!

Untuk memudahkan tim HR dalam mengelola proses manajemen karyawan, saat ini sudah tersedia solusi HRMS yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh perusahaan, tidak terkecuali untuk perusahaan kecil hingga menengah.

Solusi HRMS memiliki fungsi utama untuk membantu pekerjaan tim HR secara umum, dan menyederhanakan berbagai tugas HR yang bersifat administratif. Tujuan dari penggunaan solusi HRMS ini adalah untuk membuat pekerjaan tim HR lebih sederhana dan selesai dalam waktu yang lebih cepat, sehingga mereka dapat menggunakan waktunya untuk fokus pada tugas yang lebih strategis.

Saat ini, sudah banyak solusi HRMS yang dapat dipilih oleh perusahaan, namun ternyata tidak semua solusi HRMS memiliki fitur yang tepat untuk mengatasi tantangan dalam proses manajemen karyawan. Saat memilih solusi HRMS yang tepat untuk perusahaan, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja fitur yang ditawarkan. Pastikan solusi HRMS yang Anda pilih memiliki fitur-fitur berikut.

1. Personnel Administration 

Personnel Administration adalah fitur yang ada pada solusi HRMS dan dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mengetahui data aktual setiap karyawan secara terperinci. Fitur ini membantu tim HR melakukan pemutakhiran data karyawan dengan mudah dan tepat. Dengan memanfaatkan fitur Personnel Administration, tim HR dapat memperbarui data personal karyawan dengan mudah, mengenali potensi karyawan dengan lebih baik, dan mendokumentasikan seluruh sumber daya perusahaan yang digunakan karyawan.

2. Organization Management 

Organization Management adalah fitur yang ada pada solusi HRMS dan dapat dimanfaatkan untuk mengetahui dan mengelola seluruh informasi perusahaan, serta membantu tim HR dan seluruh karyawan bekerja secara lebih efektif dan transparan. Dengan memanfaatkan fitur Organization Management, tim HR dapat menyederhanakan pengelolaan biaya perusahaan, memvisualisasikan struktur organisasi perusahaan, membuat kualifikasi kategori pekerjaan secara cepat dan mudah, mengatur rincian pekerjaan setiap karyawan secara transparan, dan mengelola alur persetujuan (workflow/approval) secara langsung melalui sistem.

3. Employee Self-Service

Employee Self-Service adalah fitur yang ada pada solusi HRMS untuk memungkinkan setiap karyawan melakukan layanan yang berhubungan dengan proses HR secara mandiri. Dengan fitur Employee Self-Service, karyawan dapat melakukan pemutakhiran data personal, mendaftarkan kehadiran mereka saat datang dan pulang, mengajukan lembur, cuti, izin dan pinjaman, mengetahui informasi laporan SPT dan kuota cuti, serta melihat dan mencetak slip gaji mereka. Seluruh layanan tersebut dilakukan secara mandiri oleh setiap karyawan.

Untuk kebutuhan strategic HR, Employee Self-Service juga memungkinkan setiap karyawan untuk mengetahui tolak ukur kinerja mereka (Employee KPI), pelatihan dan pengembangan apa saja yang cocok untuk mereka (training and development), serta keahlian apa saja yang diperlukan untuk menunjang kinerja karyawan.

4. Leave Management

Leave Management adalah fitur yang ada pada solusi HRMS untuk membantu tim HR menghilangkan proses administrasi manual dan bekerja secara lebih efisien. Fitur ini membantu tim HR untuk mengotomatiskan pengelolaan cuti, perhitungan kuota cuti, dan pengelolaan izin setiap karyawan. Lebih lanjut, fitur ini juga dapat diintegrasikan dengan fitur kehadiran/Time Management.

5. Payroll Administration

Payroll Administration adalah fitur yang ada pada solusi HRMS untuk mengotomatiskan proses administrasi yang berkaitan dengan upah dan tunjangan karyawan. Fitur ini membantu tim HR mengotomatiskan proses pembuatan jurnal payroll, perhitungan pajak, BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, proses pinjaman karyawan, dan laporan SPT bulanan dan tahunan.

Biasanya fitur inilah yang menjadi prioritas utama dalam pemilihan HRMS, karena aktivitas perhitungan payroll biasanya paling menyita waktu tim HR, terutama untuk bagian administrasi.

6. Time Management

Time Management adalah fitur yang ada pada solusi HRMS dan dapat dimanfaatkan tim HR untuk mengelola jadwal kerja karyawan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Fitur ini membantu tim HR untuk memantau jam kehadiran karyawan di mana pun dan kapan pun, mengelola perhitungan lembur seluruh karyawan secara cepat dan akurat, memudahkan proses pelaporan kehadiran karyawan, serta meningkatkan kinerja karyawan dengan penjadwalan yang efektif.

Dalam proses pemilihan solusi HRMS yang tepat untuk menunjang kinerja tim HR, Anda perlu memastikan bahwa solusi HRMS yang Anda pilih menawarkan 6 fitur yang telah kami sebutkan.

Jika ingin memilih solusi HRMS yang memiliki seluruh fitur tersebut, maka solusi HRMS Pegaw.ai akan menjadi pilihan yang sangat tepat untuk perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di sini dan temukan solusi HRMS yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.