whatsapp

Peran Kelola Digital Data Karyawan

Salah satu tugas tim HR yang terlihat mudah, namun kenyataannya memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi adalah mengelola data karyawan. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, maka sangat penting bagi perusahaan untuk terus…

Pelajari Selengkapnya

Peran Kelola Digital Data Karyawan

Salah satu tugas tim HR yang terlihat mudah, namun kenyataannya memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi adalah mengelola data karyawan. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, maka sangat penting bagi perusahaan untuk terus bertransformasi dan berinovasi secara digital, termasuk dalam hal pengelolaan data aset paling berharga yang dimiliki perusahaan, yaitu karyawan.

Walaupun saat ini kita telah memasuki era di mana semuanya serba digital, nyatanya masih banyak perusahaan di Indonesia yang belum memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengelola karyawan mereka. Padahal, jika para pelaku bisnis mempelajari lebih lanjut, penggunaan teknologi ini dapat membantu perusahaan lebih berkembang karena sistem pengelolaan karyawan yang lebih baik. Mengapa demikian? Apa kaitannya pengelolaan karyawan yang lebih baik dengan perkembangan suatu perusahaan?

Jawabannya adalah karena jika suatu perusahaan memiliki pengelolaan manajemen karyawan yang cukup baik, maka secara otomatis karyawan akan lebih loyal dan memberi kontribusi lebih dalam mengembangkan bisnis perusahaan. Pengelolaan manajemen ini diperlukan baik perusahaan berskala kecil atau UMKM, hingga perusahaan berskala besar bahkan internasional.

Mengelola data karyawan secara efisien bukan lagi menjadi sebuah pilihan, namun sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh semua pemilik perusahaan. Untuk memberi kemudahan bagi seluruh perusahaan atau UMKM di Indonesia, Pegaw.ai hadir sebagai solusi HRMS yang dirancang khusus untuk perusahaan atau UMKM di Indonesia dengan berbagai fitur yang memberi kemudahan dalam pengelolaan manajemen karyawan, salah satunya adalah fitur Personnel Administration. 

Fitur Personnel Administration memungkinkan perusahaan mengelola data karyawannya secara digital. Perlu diketahui bahwa pengelolaan data karyawan secara digital akan memberi banyak keuntungan bagi perusahaan — seperti untuk menjaga integritas dan konsistensi data, memberi kemudahan akses dan transparansi yang lebih baik, memudahkan tim HR dalam merencanakan dan mengelola distribusi karyawan, dan masih banyak keuntungan lainnya.

Pegaw.ai hadir dengan fitur Personnel Administration yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui data aktual setiap karyawan secara terperinci. Fitur ini memastikan tim HR dapat melakukan pemutakhiran data karyawan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang ditawarkan fitur Personnel Administration untuk tim HR:

·  Personal Pegawai

Dengan Personal Pegawai, perusahaan dan tim HR dapat memiliki informasi terperinci mengenai masing-masing karyawan. Setiap tim HR dan karyawan yang sudah terdaftar di aplikasi Pegaw.ai akan memiliki akses untuk memperbarui data personal mereka secara lebih mudah.

·  Keahlian Pegawai

Dengan fungsi Keahlian Pegawai, tim HR dapat lebih mengenali potensi yang ada pada setiap karyawan, karena mereka dapat melakukan pencatatan mengenai seluruh informasi karyawan seperti latar belakang pendidikan, keahlian, pelatihan, dan pengalaman kerja melalui satu platform.

· Aset Pegawai

Dengan Aset Pegawai, tim HR dapat melakukan pencatatan semua aset perusahaan yang dipinjamkan kepada seluruh karyawan, sehingga keberadaan seluruh aset dapat diketahui secara transparan.

Penerapan pengelolaan data karyawan secara digital akan memberi banyak dampak positif bagi perusahaan atau UMKM, selain untuk menjaga konsistensi dan transparansi data karyawan, pengelolaan data karyawan secara digital juga akan membantu perusahaan meninggalkan cara lama atau manual menuju cara baru yang lebih efisien dalam mengelola karyawan. Sehingga, fitur Personnel Administration secara keseluruhan menghasilkan data dan informasi yang lebih akurat dan bermanfaat untuk kemajuan perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pegaw.ai dan fitur-fitur yang ditawarkan, silahkan klik di sini.