whatsapp

Masalah HRD Mengelola Sistem Payroll

Masalah HRD mengelola sistem payroll berkaitan erat pada keharusan untuk memastikan bahwa semua pembayaran, tunjangan, dan tagihan pajak dilakukan berdasarkan kepatuhan undang-undang pemerintah. Prosedur sistem payroll menjadi kompleks semenjak adanya undang-undang perpajakan dan…

Pelajari Selengkapnya

Masalah HRD Mengelola Sistem Payroll

masalah hrd sistem payroll Masalah HRD mengelola sistem payroll berkaitan erat pada keharusan untuk memastikan bahwa semua pembayaran, tunjangan, dan tagihan pajak dilakukan berdasarkan kepatuhan undang-undang pemerintah. Prosedur sistem payroll menjadi kompleks semenjak adanya undang-undang perpajakan dan kebijakan yang terus berubah dari waktu ke waktu. Menghitung dan mendistribusikan gaji sekilas tampak seperti tugas yang sederhana, namun tim HRD sering menghadapi berbagai kesulitan sehingga mengganggu kelancaran proses secara keseluruhan. Mengenali tantangan pemrosesan sistem payroll adalah langkah awal untuk mengidentifikasi solusi yang tepat. Berikut berbagai masalah HRD mengelola sistem payroll.  

Tantangan HRD Mengelola Sistem Payroll

Masalah HRD Kelola Sistem Payroll yang Inkonsisten Dalam Kebijakan

Mematuhi kebijakan adalah salah satu tantangan terbesar dalam sistem payroll. Kepatuhan terhadap hukum yang berkaitan dengan ketenagakerjaan bukanlah suatu pilihan, melainkan kewajiban bagi perusahaan. Sistem payroll yang tidak mematuhi regulasi dapat mengakibatkan denda dan hukuman yang berpengaruh besar kepada perusahaan. Selain itu, mengandalkan sistem payroll secara manual sangatlah tidak ideal. Tidak peduli seberapa banyak waktu yang dihabiskan oleh tim HRD untuk mempelajari peraturan regulasi yang ada, regulasi tersebut akan berubah, dan perusahaan harus menyusun kesesuaian sistem payroll lagi dari awal,

Masalah HRD Kelola Sistem Payroll yang Tidak Memiliki Fleksibilitas

Pandemi menyebabkan perubahan signifikan di perusahaan yang memerlukan peningkatan fleksibilitas. Perusahaan telah mengurangi atau mengalokasikan shift kerja, mengkoordinasikan perubahaan pada jadwal pegawai, dan penggajian. Banyak perusahaan terpaksa menerapkan metode bekerja dari rumah yang memerlukan koordinasi jadwal dan manajemen payroll jarak jauh di berbagai lokasi. Berbagai situasi ini dapat ditangani dengan mengganti proses penggajian manual dengan sistem payroll otomatis.

Pengelolaan Sistem Payroll yang Tidak Terintegrasi Dengan Manajemen Absensi

Untung menghitung penggajian, tim HRD memerlukan data kehadiran pegawai yang berisikan jumlah absensi dan pelacakan jam kerja. Sistem payroll yang tidak terintegrasi dengan data manajemen absensi membuat penghitungan penggajian memerlukan duplikasi data kehadiran pegawai dengan hati-hati dan diedarkan ke seluruh pihak bersangkutan sebelum disahkan. Karena banyaknya dokumen dan individu yang terlibat, operasional sederhana ini membutuhkan waktu banyak sehingga kesalahan dan ketidakkonsistenan sering terjadi.

Pengelolaan Sistem Payroll yang Masih Menggunakan Metode Manual

Pengelolaan sistem payroll via excel atau spreadsheet tampaknya merupakan solusi murah untuk bisnis berskala kecil. Akan tetapi metode manual tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan terutama pada kompleksitas serta kompleksitas yang meningkat seiring perkembangan bisnis. Metode manual tidak memiliki mekanisme untuk menghindari kesalahan, mengikuti regulasi yang berubah-ubah, ataupun melindungi informasi bersifat sensitif. Mengotomatiskan proses payroll menggunakan teknologi dari perangkat lunak HRIS merupakan solusi paling masuk akal pada situasi saat ini. Proses dan cara penggajian memiliki banyak tahapan serta detail yang harus diperhatikan seperti data sensitif dan signifikan untuk perhitungan gaji pegawai. Pegaw.ai memahami bahwa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas administrasi setiap bulannya. Maka dari itu, Pegaw.ai menawarkan solusi sistem payroll otomatis yang dapat disesuaikan dengan data pegawai di perusahaan anda. Perhitungan payroll, tracking absensi, serta mencatat jam kerja lembur dan berbagai pengelolaan administrasi lainnya dapat dilakukan dengan Pegaw.ai.