whatsapp

Manfaat Mengganti sistem Payroll Perusahaan ke solusi HR berbasis Saas

Manfaat Mengganti sistem Payroll Perusahaan ke solusi HR berbasis Saas   Perusahaan yang masih menggunakan sistem payroll secara konvensional seperti excel dalam pengolahan penggajian pegawai, tentunya sudah tidak lagi relevan dengan kondisi dunia…

Pelajari Selengkapnya

Manfaat Mengganti sistem Payroll Perusahaan ke solusi HR berbasis Saas

Manfaat Mengganti sistem Payroll Perusahaan ke solusi HR berbasis Saas   Perusahaan yang masih menggunakan sistem payroll secara konvensional seperti excel dalam pengolahan penggajian pegawai, tentunya sudah tidak lagi relevan dengan kondisi dunia usaha yang semakin cepat dan dinamis. Padahal, urusan penggajian dengan langkah yang kompleks perlu dihitung secara akurat serta pendistribusian gaji harus dilakukan secara tepat waktu kepada pegawai. Sehingga tidak lagi sesuai dengan kebutuhan praktisi HR yang dituntut bergerak tangkas, karena dinilai memakan waktu dan tenaga, rentan terjadi Human Error, serta manipulasi data.    Hal tersebut menjadi alasan telah banyak perusahaan yang mulai beralih menggunakan metode HR manajemen ke modern untuk dapat meningkatkan kefektifan peran hr agar tanggap dalam memenuhi kebutuhan pada pegawainyal. Namun, tidak perlu khawatir mengenai biaya investasi yang perlu dikeluarkan ntuk berpindah dari HR manajemen konvensional ke modern. Dengan menggunakan HRMS berbasis Saas seperti Pegaw.ai. Dapat memangkas biaya investasi dan menekan biaya operasinal pada perusahaan. Sebagai penyedia HRMS berbasis Saas, Pegaw.ai akan memberikan pemahaman pentingnya perpindahan dari konvensional ke digital  bagi HR dalam mengelola penggajian pegawainya. Mari simak uraiannya dibawah    Manfaat HR perusahaan beralih menggunakan Payroll berbasisi Saas Beragam bentuk infrastruktur sistem HR yang dapat digunakan perusahaan dalam dalam membantu pengelolaan penggajian yang rumit, salah satunya adalah dengan menggunakan solusi HR berbasis Saas (Software as a Service). Saas menjadi varian produk HR  yang cocok digunakan berbagai jenis dan skala perusahaan karena  dapat beradaptasi dengan kebutuhan bisnis yang berkembang. Berikut berbagai manfaat yang ditawarkan kepada perusahaan bila beralih menggunakan solusi HR berbasis Saas dalam sistem Payroll:  
  1. Gaji menggunakan beragam perangkat elektornik
Praktisi HR tidak perlu khawatir bila tidak bekerja secara langsung di kantor tetap dapat melakukakuan proses penggajian kepada karyawannya bila menggunakan sistem payroll dala bentuk Saas. Hal ini karena dengan solusi HR berbasis Saas, tim HR leluasa untuk mengakses mengenai kebutuhan penggajian secara fleksibel kapan saja dan dimana saja dari perangkat elektronik apapun.  Dengan SaaS, tim HR hanya perlu terkoneksi dengan internet untuk memproses penggajian melalui web browser.   
  1. Pembaruan software menjadi tanggung jawab penyedia layanan.
Pihak penyedia model layanan SaaS akan bertanggung jawab penuh  terkait pembaruan hardware ataupun software, sehingga  para pengguna hanya perlu menggunakannya saja tanpa perlu memikirkan hal-hal kompleks tersebut. Dengan adanya  pembaruan hardware ataupun software, menjadi manfaat bagi para pengguna karena pihak penyedia layanan berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk menyempurnakan sistem yang sudah ada sebelumnya. Sehingga, dengan menggunakan solusi SaaS dapat menciptakan sistem yang lebih optimal yang membuat pengalaman pengguna dalam mengelola penggajian menjadi terkesan.  
  1. Integrasi yang efisien
Penggunaan model layanan Saas memberikan kemudahan bagi HR  dengan penggunaan sistem yang saling terintegrasi satu dengan yang lain terkait kepegawaian. Praktisi HR tidak perlu melakukan pemutakhiran data dalam mengelola peggajian pegawai untuk tidak melakukan kegiatan input secara berulang. Hal ini karena, adanya mekanisme sistem kepegawaian yang sekaligus menyesuaikan dari hasil input data yang tersimpan sehingga data yang dihasilkan menjadi valid dan kredibel. Tidak perlu menunggu lama, untuk memperloeh hasi perhitungan penggajian dan secara tidak langsung dapat menghemat biaya dan waktu kerja para HR.  
  1. Peningkatan produktivitas
Dengan menggunakan model layanan Saas, produktiivitas tim HR akan lebih meningkat. Dengan  pengelolaan yang dilakukan secara automasi, Bagian HR  dapat merampingkan proses penggajian yaitu hanya perlu melakukan pengaturan sistem penggajian di tahap awal dan selebihnya tidak perlu repot untuk entri data kehadiran yang akan memangkas waktu menjadi lebih cepat. HRD dapat menghemat waktu untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih penting dan mendesak seperti pekerjaan strategis dalam mengembangkan karyawannya.  
  1. Keamanan data penggajian
Salah satu yang menjadi pertimbangan beralih menggunakan model layanan adalah kekhawatiran masalah keamanan. Basis data dalam data penngajian merupakan data krusial yang harus dilindungi dari oknum yang tidak berkepentingan. Namun, sebenarmya model layanan Saas yang memadai akan lebih aman karena adanya kebijakan enskripsi data yang dilakukan pada setiap lapisan keamaanan akan sulit ditembus atau dilakukan percobaan hacking. Selain itu, Data yang tersimpan akan dilakukan Backup dan direplikasi di beberapa lokasi terpisah untuk melindungi informasi sensitif yang diperlukan dalam pengelolaan penggajian dan menghindari kemungkinan hilangnya data users  
  1. Proses pendistribusian gaji tepat waktu dan lancar
Perusahaan perlu memperhatikan pendistribusian penggajian dengan tepat waktu untuk memenuhi hak bagi karyawannya. Dengan menggunakan sistem payroll, mempermudah dalam membayarkan gaji kepada semua karyawan. Hal tersebut dikarenakan, sistem payroll berbasis Saas dapat terintegrasi dengan bank yang dapat mendistribusikan gaji kepada masing-masing rekening karyawan dengan jumlah hingga puluhan bahkan ratusan karyawan dalam waktu singkat. Hal ini tentu sangat membantu tim HR yang memiliki jumlah karyawan dengan skala yang besar.    Dari uraian diatas, memberikan pemahaman terkait manfaat yang diberikan solusi HRMS dalam sistem penggajian.  Pertimbangan dengan beralih menggunakan sistem Payroll dengan Pegaw.ai, menjadi keputusan yang tepat . Karena Pegaw.ai telah menjadi salah satu mitra bisnis yang dapat diandalkan dalam mendukung kegiatan bisnis Anda serta memenuhi berbagai kebutuhan praktik kepegawaian diperusahaaan Anda.    Sumber: https://www.avanti.ca/post/7-benefits-of-moving-your-payroll-to-the-cloud