whatsapp

Manfaat ATS untuk HR

Manfaat ATS bagi HR yang paling utama adalah mempercepat proses perekrutan. Perusahaan sering kali merekrut beberapa posisi sekaligus dan mendapatkan ratusan hingga ribuan pelamar di setiap lowongan. Tim HR akan kesulitan mengelola rekrutmen…

Pelajari Selengkapnya

Manfaat ATS untuk HR

Manfaat ATS bagi HR yang paling utama adalah mempercepat proses perekrutan. Perusahaan sering kali merekrut beberapa posisi sekaligus dan mendapatkan ratusan hingga ribuan pelamar di setiap lowongan. Tim HR akan kesulitan mengelola rekrutmen dengan kandidat sebanyak itu. ATS dapat membantu meringankan tugas HR dalam melacak dan menemukan kandidat ideal dari data pelamar yang masif.  

Penjelasan Manfaat ATS untuk HR

Apa itu ATS?

Applicant tracking system atau ATS adalah perangkat lunak bagi tim HR untuk melacak proses rekrutmen. ATS dilengkapi dengan kemampuan mulai dari analisis basis data sederhana hingga serangkaian fitur yang memudahkan bisnis dari berbagai ukuran dalam memfilter, mengelola, dan menganalisis kandidat.

Mengapa Menggunakan ATS?

Memudahkan Pencarian Kandidat

ATS diperkaya dengan algoritma yang membuat profil kandidat ideal, mengevaluasi, mengidentifikasi keterampilan, dan memprediksi faktor keberhasilan rekrutmen. Tim HR dapat lebih memahami perilaku kandidat serta menargetkan kandidat tertentu pada platform yang sering mereka gunakan.

Memberikan Pengalaman Rekrutmen Lebih Baik

ATS memberikan proses rekrutmen yang lebih modern, terorganisir, dan lebih menarik tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga kandidat. Pengalaman rekrutmen kandidat yang dapat dengan mudah mengakses postingan pekerjaan, formulir lamaran, dan halaman karir juga berpengaruh terhadap citra positif perusahaan.

Meningkatkan efisiensi

ATS memungkinkan pengelolaan dan pelacakan data kandidat masuk secara teratur serta dapat diakses oleh semua anggota tim HR untuk dilakukan evaluasi. ATS juga dapat menstandarisasi proses rekrutmen. Artinya, tim HR memiliki fleksibilitas dalam optimasi siklus rekrutmen, menemukan kandidat terbaik, dan membuat keputusan perekrutan paling tepat.

Meningkatkan Kualitas Perekrutan

ATS secara otomatis mengidentifikasi kandidat paling sesuai dengan persyaratan pekerjaan dan menyaring kandidat yang tidak memenuhi syarat. Memiliki kemampuan menyaring kandidat lebih baik akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas perekrutan.

Manfaat ATS bagi HR dan Kandidat

Manfaat ATS untuk HR

Membuat Deskripsi Pekerjaan yang Tepat
Perusahaan mengadakan lowongan pekerjaan dikarenakan menyadari kebutuhan bisnis tidak mampu ditangani oleh kepegawaian saat ini. Tim HR bertanggung jawab untuk memasukkan kebutuhan bisnis ini ke dalam deskripsi pekerjaan dan memastikan ketertarikan kandidat yang memenuhi persyaratan. Dengan pemanfaatan teknologi ATS, tim HR memiliki template kata kunci untuk deskripsi pekerjaan yang menarik perhatian pada waktu dan tempat paling sering diakses oleh kandidat teratas.
Memperluas Jangkauan Lowongan
ATS memungkinkan tim HR mencocokkan permintaan pekerjaan dengan situs pencari kerja dan media paling sesuai pada kandidat tertentu. Selain itu, ATS memaksimalkan visibilitas rekrutmen internal dan menghilangkan hambatan bagi calon pegawai untuk melamar.
Penyaringan Kandidat
ATS memiliki sistem yang menyaring semua informasi kandidat dan hanya memprioritaskan kandidat paling memenuhi syarat berdasarkan kata kunci dan kriteria tertentu. Sistem ini mempersingkat jam kerja tim HR pada aktivitas rekrutmen serta memastikan kandidat utama dapat diproses lebih cepat.

Manfaat ATS untuk Kandidat

Proses Melamar Kerja yang Seamless
ATS mengotomatiskan banyak aspek pencarian pekerjaan yang kompleks dengan menyediakan form pengisian lamaran otomatis, penjadwalan wawancara mandiri, dan konsistensi proses komunikasi dengan tim HR.
Optimasi Proses Onboarding
ATS memastikan kandidat menerima semua yang mereka butuhkan untuk mulai berkontribusi kepada perusahaan sejak hari pertama orientasi sehingga meningkatkan produktivitas dan retensi secara keseluruhan. Pegaw.ai adalah platform manajemen kebutuhan sumber daya manusia yang fleksibel dan komprehensif. Pegaw.ai memiliki open API. Hal ini memungkinkan Pegaw.ai diintegrasikan secara mandiri oleh para pengguna dengan sistem lain di perusahaan mereka. Apapun jenis dan ukuran perusahaan, Pegaw.ai hadir sebagai solusi untuk mengatasi tantangan dan kebutuhan bisnis anda.