whatsapp

Komponen Payroll & Penjelasan Lengkapnya

Gaji atau payroll memiliki komponen payroll yang signifikan baik untuk praktisi HR maupun pegawai. Gaji sendiri adalah suatu hak yang berbentuk uang dan harus didapatkan para pegawai dari pemberi kerja sebagai imbalan atas…

Pelajari Selengkapnya

Komponen Payroll & Penjelasan Lengkapnya

Gaji atau payroll memiliki komponen payroll yang signifikan baik untuk praktisi HR maupun pegawai. Gaji sendiri adalah suatu hak yang berbentuk uang dan harus didapatkan para pegawai dari pemberi kerja sebagai imbalan atas usahanya dalam memajukan produktivitas bisnis perusahaan.Pemberi kerja wajib membayarkan upah atau gaji sesuai yang tercantum dalam perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan. Hal ini termasuk tunjangan bagi pegawai serta keluarganya. Pemerintah telah menetapkan besaran dan komponen gaji agar tidak ada kesenjangan dalam pemberian gaji untuk para pegawainya.   

Komponen Payroll

Penggajian atau payroll memiliki beberapa komponen, artikel ini akan menjelaskan apa saja komponen umum yang terdapat pada payroll dan proses perhitungannya.
  • Gaji Pokok
Gaji pokok atau gaji dasar merupakan sejumlah uang yang diberikan kepada pegawai. Dalam penetapan gaji pokok, jumlahnya akan disesuaikan dengan jabatan atau tugas yang dikerjakan dalam perusahaan.  Semakin tinggi gaji pokok yang diterima, semakin berat juga tugas dan tanggung jawab yang harus  dijalani pegawai dalam perusahaan. Pada umumnya, posisi lebih tinggi memerlukan keahlian berpikir serta kemampuan khusus lainnya. Gaji pokok mengacu pada Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku di masing-masing provinsi atau kabupaten. Meskipun pemerintah sudah menetapkan UMR, besaran jumlah gaji pokok ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak dan standar perusahaan.  Gaji pokok dalam gaji pada umumnya tidak lebih dari 75% dari total gaji keseluruhan yang diterima, dan biasanya dihitung dengan skala gaji per jam, per minggu, atau per bulan, tergantung kebijakan perusahaan. Pegawai yang menerima gaji pas UMR umumnya adalah fresh graduate dan pegawai staff biasa.   
  • Tunjangan
Tunjangan yang dibayarkan oleh perusahaan untuk pegawai merupakan pelengkap dari gaji pokok, yang bersifat sosial dan insentif. Namun, tidak semua tunjangan diberikan secara rutin setiap periode waktu dan tidak semua pegawai akan mendapatkan tunjangan. Tunjangan akan diberikan berdasarkan kesepakatan bersama antara perusahaan dan juga pihak pegawai. Besar jumlah tunjangan beragam tergantung beban atau kesulitan tiap pekerjaan. Beberapa perusahaan menawarkan tunjangan jabatan, tunjangan transport, tunjangan makan, tunjangan kesehatan, tunjangan hari raya, dan sebagainya. Perusahaan bisa memakai tunjangan sebagai penghargaan yang diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja pegawai.  Tunjangan terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
    • Tunjangan Tetap, dapat diartikan sebagai benefit yang diberikan secara teratur kepada pegawai dan diberikan bersamaan dengan gaji pokok. Nominalnya akan berubah jika seorang pegawai diberikan promosi atau demosi jabatan. Besaran tunjangan tetap tidak terpengaruh oleh kehadiran atau kinerja pegawai. Contoh tunjangan tetap adalah tunjangan istri, anak, perumahan, daerah, jabatan, hari raya, BPJS kesehatan serta ketenagakerjaan.
    • Tunjangan Tidak Tetap, diberikan pada waktu yang berbeda dengan gaji pokok dan tunjangan tetap. Besaran tunjangan ini tidak tentu setiap bulannya, karena harus memperhitungkan beberapa faktor, seperti jumlah kehadiran, laba perusahaan, dan lain-lainnya.Contoh tunjangan tidak tetap adalah tunjangan makan, transportasi, dan lain-lainnya.
 
  • Potongan
Komponen payroll ini mengurangi total gaji yang diterima pegawai. Potongan gaji beragam bentuknya yaitu ada potongan kondisional dan wajib. Potongan kondisional berlaku jika pegawai melakukan pelanggaran atau kesalahan fatal dan keadaan perusahaan yang sedang mengalami penurunan performa dan pemasukan. Sementara potongan wajib adalah potongan yang sifatnya dilakukan untuk tabungan jaminan atau iuran dan juga kewajiban masing-masing pegawai sebagai individu Wajib Pajak (WP). Contohnya pajak penghasilan (PPh), jaminan hari tua, iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.  Pajak Penghasilan atau PPh 21 adalah hal yang telah diatur oleh pemerintah tentang pajak atau potongan terhadap gaji yang diterima pegawai. Komponen ini merupakan komponen wajib yang harus disertakan, agar pegawai dan perusahaan dapat memenuhi kewajiban pajak. Potongan PPh 21 memiliki penghitungannya sendiri agar mendapatkan besaran pajak yang tepat untuk disetor dan dilaporkan. Selain itu setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia dan mempekerjakan orang wajib membayar BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Pegawai juga harus membayar kedua BPJS tersebut, namun dengan persentase yang lebih kecil dari perusahaan.
  • Uang lembur
Jam kerja yang normal telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu 8 jam di hari kerja. Pegawai yang bekerja lebih dari 8 jam atau bekerja di hari libur nasional mungkin karena tekanan pekerjaan atau memiliki deadline yang sangat mepet, maka pegawai tersebut berhak mendapatkan uang lembur sebagai tambahan atas penggunaan waktu pegawai tersebut diluar jam kerja resmi. Pemerintah telah menetapkan batas waktu lembur agar pihak perusahaan tidak bisa mengeksploitasi jam kerja secara berlebih dan melindungi hak pegawai. Menurut Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 102/MEN/VI/2004, lembur maksimal hanya boleh 3 jam setiap hari atau hanya 14 jam satu minggu.  Besaran jumlah uang yang dikeluarkan perusahaan untuk pegawai yang lembur ini sesuai dengan kebijakan perusahaan dan kesepakatan antara kedua belah pihak. Pembayaran upah lembur terdapat formulasi tersendiri dengan upah per jamnya.   
  • Bonus
Hal-hal yang termasuk dalam kategori bonus seperti tunjangan hari raya, bonus prestasi atau performa kerja, bonus tahunan, pembagian laba, dan sebagainya. perhitungan besaran bonus ditentukan oleh perusahaan berdasarkan kondisi dan kebijakannya masing-masing.    Pegaw.ai memahami bahwa komponen penggajian beserta penghitungannya menuntut praktisi HR untuk mengerjakan dalam waktu panjang serta ketelitian dalam proses payroll. Oleh karena itu, Pegaw.ai menawarkan solusi payroll otomatis yang dapat disesuaikan dengan data pegawai di perusahaan Anda. Mendukung segala model bisnis dan industri, Pegaw.ai memberikan penawaran menarik hanya hingga akhir tahun; coba gratis selama 45 hari. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website kami, atau ambil sesi coba gratis Anda di bawah ini untuk mengetahui solusi kami secara komprehensif.