whatsapp

Ketahui Cara Efektif untuk Mengelola Karyawan Milenial dan Gen Z!

Lebih dari 50% populasi Indonesia saat ini didominasi oleh Milenial dan Gen Z. Hal ini mengubah komposisi angkatan kerja yang ada di pasar saat ini. Dengan adanya dua angkatan baru yang memiliki pola…

Pelajari Selengkapnya
Coming Soon

Ketahui Cara Efektif untuk Mengelola Karyawan Milenial dan Gen Z!

Lebih dari 50% populasi Indonesia saat ini didominasi oleh Milenial dan Gen Z. Hal ini mengubah komposisi angkatan kerja yang ada di pasar saat ini. Dengan adanya dua angkatan baru yang memiliki pola kerja berbeda dengan generasi sebelumnya, banyak perusahaan yang mengalami tantangan dalam mengelola sumber daya manusianya. Satu-satunya jalan adalah tim HR dan pemilik perusahaan harus bisa beradaptasi dengan karakter mereka dan menerapkan cara efektif untuk mengelola kayawan Milenial dan Gen Z. Hal tersebut penting dilakukan untuk memaksimalkan potensi mereka sebagai pekerja dalam suatu perusahaan.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menentukan cara efektif untuk mengelola karyawan Milenial dan Gen Z? Berikut penjelasannya!

1. Pahami Karakteristik Karyawan

Pertama, sebagai tim HR atau pemilik perusahaan, Anda perlu memahami karakteristik karyawan Milenial dan Gen Z. Menerapkan komunikasi yang intens merupakan hal yang perlu diterapkan pada karyawan generasi ini, karena kejelasan pada suatu pekerjaan merupakan hal krusial bagi mereka. Sebagai tim HR atau pemilik perusahaan, usahakan Anda menyiapkan seluruh tugas dan tanggung jawab yang jelas dan transparan kepada karyawan.

Selain itu, karyawan Milenial dan Gen Z menyukai lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan untuk menunjang aktivitas kerja mereka sehari-hari. Dengan menerapkan lingkungan kerja yang sesuai dengan preferensi karyawan Milenial dan Gen Z, mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja dan lebih produktif. Terlebih lagi dengan situasi seperti sekarang, kebijakan Work From Home akan menjadi pertimbangan utama bagi mereka.

2. Andalkan Teknologi untuk Mengelola Karyawan

Karyawan Milenial dan Gen Z dikenal kreatif, melek teknologi, serta menyukai kecepatan dan kemudahan. Mereka menyukai cara kerja yang fleksibel dan efisien, serta terbiasa dengan penggunaan teknologi sebagai solusi.

Namun, tantangannya bagi tim HR adalah banyak perusahaan yang hingga saat ini belum siap untuk menerapkan sistem kerja yang fleksibel. Terutama untuk hal yang berkaitan dengan pencatatan kehadiran, pengelolaan pengajuan cuti dan izin, serta pemantauan dan penilaian kinerja.

Sebenarnya, masalah tersebut dapat mudah diatasi jika tim HR atau pemilik perusahaan memanfaatkan solusi HRMS yang dapat memberikan visibilitas penuh atas seluruh informasi yang berkaitan dengan karyawan. Pemanfaatan solusi HRMS ini memungkinkan tim HR tetap punya kendali atas seluruh karyawan, tanpa harus memantau mereka secara langsung.

3.  Manfaatkan solusi HRMS Pegaw.ai untuk Mengelola Karyawan Milenial dan Gen Z

Jika perusahaan Anda didominasi oleh karyawan Milenial dan Gen Z, maka memanfaatkan solusi HRMS merupakan cara efektif untuk mengelola karyawan Milenial dan Gen Z. Platform manajemen karyawan, Pegaw.ai, hadir sebagai solusi HRMS untuk mengelola karyawan Milenial dan Gen Z yang sangat menyukai kemudahan proses dengan memanfaatkan teknologi sebagai solusinya.

Mencatat kehadiran, mengelola seluruh informasi personal dengan mudah, mengajukan cuti dan izin secara mandiri, cek slip gaji, semua ada dalam genggaman masing-masing karyawan jika perusahaan memanfaatkan solusi HRMS.

Semoga cara yang telah kami jelaskan dapat menjadi cara efektif bagi tim HR dan pemilik perusahaan untuk mengelola karyawan jaman now. Apakah Anda ingin segera merasakan manfaat dari aplikasi Pegaw.ai untuk mengelola karyawan Milenial dan Gen Z? Hubungi tim kami dengan klik link di sini.