whatsapp

Keberagaman di Tempat Kerja Industri F&B

Keberagaman di tempat kerja merupakan respon tepat dari perusahaan industri F&B yang sedang menghadapi pergeseran preferensi konsumen ke e-commerce. Industri F&B mengalami pertumbuhan positif setelah memanfaatkan e-commerce dalam memberikan layanan kepada konsumen secara…

Pelajari Selengkapnya

Keberagaman di Tempat Kerja Industri F&B

Keberagaman di tempat kerja merupakan respon tepat dari perusahaan industri F&B yang sedang menghadapi pergeseran preferensi konsumen ke e-commerce. Industri F&B mengalami pertumbuhan positif setelah memanfaatkan e-commerce dalam memberikan layanan kepada konsumen secara online. Namun, pergeseran preferensi ini membawa banyak tantangan, terutama pada tenaga kerja. Perusahaan industri F&B menghadapi permasalahan kenaikan upah, ekspektasi, dan persaingan pasar sumber daya manusia. Menekankan keberagaman di tempat kerja tidak hanya menjadi hal semestinya dilakukan tetapi juga sebagai sarana untuk mendapatkan pegawai berkualitas dan menciptakan sense of belonging.

Penjelasan Keberagaman di Tempat Kerja Industri F&B

Apa itu Keberagaman Tempat Kerja dan Industri F&B?

Keberagaman Tempat Kerja

Keberagaman di tempat kerja adalah istilah yang digunakan ketika perusahaan mempekerjakan pegawai dengan karakteristik berbeda dan tidak semuanya berasal dari latar belakang sama.
Jenis Karakteristik Keberagaman
Keberagaman Internal
Keberagaman internal merupakan karakteristik mengenai situasi dimana seseorang dilahirkan. Keberagaman internal tidak dapat dipilih sendiri dan tidak mungkin diubah. Contoh keberagaman internal yaitu ras, etnis, usia, identitas budaya, jenis kelamin, fisik, dan kemampuan mental.
Keberagaman Eksternal
Keberagaman eksternal merupakan karakteristik yang diperoleh dari orang lain dan lingkungan baik itu secara paksaan maupun sukarela. Keberagaman eksternal sering berubah dari waktu ke waktu. Contoh keberagaman eksternal yaitu kepentingan pribadi, pendidikan, penampilan, kewarganegaraan, keyakinan, lkasi, status keluarga, status sosial, dan pengalaman hidup.
Keberagaman Organisasi
Keberagaman organisasi merupakan karakteristik struktural di tempat kerja yang membedakan satu pegawai dengan pegawai lainnya. Contoh keberagaman organisasi yaitu fungsi pekerjaan, tempat kerja, status manajemen, status pekerjaan, jenis pembayaran gaji, dan senioritas.
Keberagaman Pandangan
Keberagaman pandangan adalah keberagaman yang berubah seiring waktu dikarenakan masing-masing individu memiliki pandangan dunia berbeda disaat melalui pengalaman baru dan lebih banyak memahami mengenai diri sendiri serta orang lain. Contoh keberagaman pandangan keyakinan politik, moralitas, dan pandangan hidup.

Industri F&B

Industri F&B adalah suatu bidang bisnis yang menyediakan jasa layanan serta penjualan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Struktur organisasi industri F&B terbagi menjadi dua departemen, yaitu Food & Beverage product dan Food & Beverage Service. Departemen Food & Beverage product berperan dalam mengolah bahan dan membuat makanan. Sementara itu, Food & Beverage Service bertanggung jawab untuk melayani dan menghidangkan makanan & minuman kepada konsumen. Restoran, bar, katering, dan kedai makanan merupakan contoh bidang bisnis industri F&B.
Layanan yang Ditawarkan Industri F&B
Plate Service
Staf menempatkan makanan di piring dan kemudian dibawa menuju meja konsumen. Plate service digunakan untuk mempermudah penyajian jumlah besar serta memastikan makanan masih panas dan semua orang dilayani secara cepat.
Silver Service
Staf menyajikan makanan dari piring saji ke setiap piring konsumen menggunakan garpu dan sendok. Jenis layanan ini membutuhkan banyak staf agar memastikan efisiensi pelayanan konsumen. Silver service umumnya ditemukan di restoran dan hotel berkelas.
Counter Service
Konsumen mengantri di konter dan memilih pilihan makanan & minuman dari menu. Makanan dan minuman mungkin perlu dimasak terlebih dahulu ataupun sudah disiapkan. Konsumen lalu meletakkan makanan & minuman di nampan dan membayarnya di ujung konter. Apabila hidangan perlu dimasak terlebih dahulu, staf akan mengantarkannya menuju meja konsumen. Counter service umumnya ditemukan di kafe dan kedai kopi modern.
Self Service
Konsumen mengambil sendiri makanan & minuman dari prasmanan ataupun meja konter. Vending machine adalah salah satu bentuk dari layanan industri F&B.
Buffet Service
Konsumen mengambil berbagai macam makanan yang disediakan dalam wadah khusus di atas meja konter atau prasmanan. Konsumen bisa mengambil sendiri makanan ataupun dilayani staf yang berdiri di belakang konter.

Alasan Pentingnya Keberagaman Tempat Kerja di Industri F&B

Alasan dibawah ini diambil berdasarkan studi dari Deloitte dan The Food Industry Association (FMI). Pada tahun 2021, Deloitte dan FMI mensurvei lebih dari 150 eksekutif di Amerika Serikat yang berasal dari bisnis pengemasan makanan, manufaktur makanan, pengolahan makanan, grosir makanan, dan pengecer makanan lainnya. Studi tersebut menemukan bahwa sebesar 68% perusahaan industri F&B melatih pegawai mereka mengenai keberagaman untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan tenaga kerja akan datang.

Meningkatkan Ketertarikan dan Retensi Pegawai Berkualitas

Pegawai merupakan kontributor penting untuk seberapa ramah dan dihargainya individu tanpa diskriminasi oleh perusahaan. Pengalaman yang dialami pegawai ini akan dilihat kandidat potensial lainnya sehingga tertarik melamar di perusahaan. Melatih pegawai di bisnis F&B mengenai keberagaman adalah langkah awal yang baik agar mencapai hal tersebut.

Memperluas Keberagaman Informasi

Pelaku industri F&B yang disurvei meyakini bahwa perekrutan dan mempertahankan tenaga kerja lebih beragam adalah strategi manajemen kepegawaian secara efektif. Pegawai dari latar belakang berbeda-beda akan melihat sesuatu dari banyak perspektif. Alhasil, keberagaman tenaga kerja juga menghasilkan keberagaman informasi; pemikiran kreatif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dari sudut pandang yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Perusahaan tidak hanya melihat dan mencari solusi dari perspektif berbeda, tetapi juga menciptakan pendekatan unik dan original.

Membangun Sense of Belonging

Responden pelaku industri F&B mengupayakan representasi di tempat kerja untuk memastikan semua pegawai di berbagai kalangan merasa dilibatkan. Perasaan keterlibatan ini dikenal ini membentuk sense of belonging, sebuah perasaan aman dan dukungan ketika adanya penerimaan pegawai dalam kelompok tertentu. Keterlibatan pegawai dalam aktivitas perusahaan akan menunjukkan bahwa perusahaan peduli dan memperhatikan pribadi mereka yang sebenarnya.

Tahapan Dalam Mengembangkan Keberagaman di Perusahaan

Pengumpulan Data Pegawai

Perusahaan mengumpulkan data demografi pegawai agar dapat memahami keberagaman dan kesetaraan praktik internalnya.

Mengidentifikasi Kebutuhan

Dalam proses identifikasi, perusahaan mulai mengevaluasi demografi dari tingkat teratas, seperti kesetaraan usia, jenis kelamin, ras, lokasi, departemen, posisi, dan sebagainya. Data evaluasi yang terkumpul dapat membantu perusahaan mengidentifikasi area yang kurang representasi ataupun bermasalah.

Memerhatikan Kebijakan yang Mempengaruhi Keberagaman

Perusahaan memperhatikan apakah terdapat kebijakan pekerjaan dan peluang individu dari kelompok demografis berbeda. Pada tahapan ini, perusahaan menentukan jika kebijakan tertentu perlu dihilangkan atau disesuaikan.

Mengidentifikasi Objektif Perusahaan

Perusahaan menetapkan tujuan khusus mengenai pengembangan keberagaman yang selaras dengan garis besar strategi bisnis perusahaan.

Penerapan Inisiatif Keberagaman

Perusahaan mengimplementasi inisiatif dengan menetapkan tujuan realistis dan dimulai dengan elemen yang mudah dicapai untuk membentuk momentum inisiatif tersebut. Contoh inisiatif keberagaman yaitu perubahan kebijakan, pelatihan staf, dan perekrutan.

Komunikasikan Inisiatif Keberagaman

Perusahaan menginformasikan, mengedukasi, dan melibatkan semua stakeholder dengan alur komunikasi berkelanjutan mengenai inisiatif keberagaman.

Mengukur Hasil Inisiatif Keberagaman

Perusahaan harus memperhatikan secara seksama hasil inisiatif seperti peningkatan representasi kelompok yang diidentifikasi sebelumnya dan peningkatan skor employee satisfaction. Pengakuan lain seperti peningkatan retensi dan persepsi publik juga dapat memperlihatkan tingkat keberhasilan inisiatif keberagaman.

Evaluasi dan Penyesuaian

Perusahaan menetapkan prosedur peninjauan berkala atas tujuan inisiatif keberagaman. Perusahaan melakukan survei ulang kepada pegawai mengenai persepsi tentang upaya keberagaman yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Perusahaan bahkan mungkin perlu memulai kembali tahapan untuk memfokuskan kembali hasil pencapaian inisiatif yang diinginkan Pegaw.ai adalah platform manajemen kebutuhan sumber daya manusia dengan fungsi manajemen operasional dan strategis HR. Seluruh proses pembuatan fitur Pegaw.ai sudah melalui tahapan riset standar kebijakan HR di berbagai perusahaan lintas industri. Apapun jenis dan ukuran perusahaan, Pegaw.ai hadir sebagai solusi untuk mengatasi tantangan dan kebutuhan bisnis anda.