whatsapp

4 Alasan Industri F&B Perlu Aplikasi HRIS

Industri F&B perlu aplikasi HRIS dengan berbagai alasan. Bisnis F&B dituntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia akibat perkembangan industri yang cepat dan masif semenjak beberapa tahun belakangan. Perusahaan diharuskan untuk mampu beradaptasi…

Pelajari Selengkapnya

4 Alasan Industri F&B Perlu Aplikasi HRIS

Industri F&B perlu aplikasi HRIS dengan berbagai alasan. Bisnis F&B dituntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia akibat perkembangan industri yang cepat dan masif semenjak beberapa tahun belakangan. Perusahaan diharuskan untuk mampu beradaptasi terhadap perubahan konstan mulai dari perubahaan staf, pendekatan pengelolaan masing-masing cabang, dan jam kerja berbeda. Berikut alasan industri F&B perlu aplikasi HRIS dalam manajemen kepegawaian. industri f&b aplikasi hris

Penjelasan Mengapa Industri F&B Membutuhkan Aplikasi HRIS

Definisi Industri F&B dan Aplikasi HRIS

Industri F&B

Industri F&B merupakan bidang bisnis yang menyediakan jasa layanan serta menjual makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Aplikasi HRIS

HRIS adalah sistem dengan fungsi yang dapat memudahkan pekerjaan administratif tim HR. HRIS dimanfaatkan untuk melihat, mencatat, dan mengelola informasi yang berkaitan dengan operasional perusahaan.  

Struktur Organisasi Industri F&B

  • Food and Beverage Manager

F&B manager bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya manusia perusahaan F&B. F&B manager memastikan pegawai berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.
  • Food and Beverage Director

F&B director bertanggung jawab atas keseluruhan aktivitas bisnis pada dua departemen F&B, yaitu departemen F&B service dan F&B product.
  • Outlet Manager

F&B outlet manager bertanggung jawab dalam pembuatan kebijakan terkait dengan peningkatan keterampilan pegawai dan perancangan promosi produk.
  • Supervisor Restaurant (Head Waiter)

Supervisor restaurant bertugas untuk memeriksa laporan harian, meninjau, dan mengatur pembagian kerja pegawai dengan terstruktur.
  • Line Cook

Line cook memastikan penyajian makanan sesuai dengan standar kualitas yang telah ditetapkan perusahaan.
  • Waiter

Waiter bertugas membantu pencatatan pesanan konsumen serta menjaga kebersihan alat dan area makan konsumen.
  • Cashier

Cashier berperan melayani dan menerima transaksi pembelian konsumen.  

Tantangan Industri F&B

  • Multi Cabang

Industri F&B memiliki model bisnis melalui pembukaan cabang usaha atau franchise. Cabang usaha F&B bisa tersebar di seluruh kota ataupun antar daerah. Multi cabang dengan metode manajemen kepegawaian yang berbeda-beda membuat tim HR akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan administrasi. Selain itu, ekspansi usaha menjadikan tugas tim HR lebih banyak dan kompleks.  
  • Jumlah Pegawai yang Banyak

Di tengah pandemi, industri F&B adalah salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dilansir dari Deloitte, industri F&B mengalami peningkatan pertumbuhan tahunan secara positif, yaitu sebesar 3,94% dan 0,22% pada kuartal pertama serta kedua tahun 2020. Kopi Kenangan, sebuah franchise dengan produk minuman telah mempekerjakan lebih dari 3.000 staf dalam kurun waktu kurang dari 4 tahun. Peningkatan jumlah pegawai ini tidak akan mampu ditangani oleh tim HR yang masih menggunakan metode tradisional dalam mengelola pegawai.  
  • Jam Buka dan Kerja yang Berbeda

Industri F&B dengan banyak cabang akan mempengaruhi jam buka dan kerja pegawai. Jam buka dan kerja suatu cabang bergantung pada lingkungan tersebut dibuka. Suatu perusahaan industri F&B dengan produk minuman yang membuka cabang di mall akan memiliki jam buka pada pukul sembilan atau sepuluh pagi sesuai dengan kebijakan tempatnya. Namun, jika perusahaan membuka cabang di rumah sakit, usaha tersebut kemungkinan besar akan buka selama 24 jam karena terdapat pasien yang menginap sehingga kebutuhan konsumsi selalu ada. Perbedaan jam buka juga mengubah shift kerja pegawai untuk menyesuaikan tempat dan situasi cabang dibuka.  

Alasan Industri F&B Memerlukan Aplikasi HRIS

  • Dapat Menaikkan Produktivitas Dengan Otomatisasi

Tim HR membutuhkan banyak waktu untuk mencairkan upah akibat rumitnya mengelola pegawai di seluruh cabang. Hal ini terjadi ketika ada berbagai macam tenaga kerja part-time dan full-time dengan tingkatan serta posisi yang berbeda. Jam kerja berbeda dan nilai gaji yang harus dibayar untuk setiap pegawai di seluruh cabang memerlukan ketelitian agar sesuai dengan regulasi. Menyingkirkan sistem payroll tradisional dapat menjadi solusi dari permasalahan ini. Otomatisasi dengan aplikasi HRIS mampu menyederhanakan proses melalui manajemen sumber daya manusia yang dapat melacak gaji lebih baik daripada sistem penghitungan manual.  
  • Industri F&B Membutuhkan Skalabilitas

Pengelolaan pegawai akan mengalami perubahan seiring dengan skala bisnis F&B yang berkembang secara cepat dan masif. Industri F&B sendiri memiliki segmentasi dengan persyaratan, panduan, dan peraturan hukum ketenagakerjaan yang berbeda-beda. Industri F&B memerlukan aplikasi HRIS yang dapat sepenuhnya menyesuaikan bisnis apapun, baik itu besar ataupun kecil.  
  • Aplikasi HRIS dapat Menyelesaikan Masalah Regulasi yang Sering Berubah

Penting bagi tim HR untuk selalu mengikuti perubahan kebijakan ketenagakerjaan agar tidak terkena masalah hukum. Kelalaian dalam mematuhi kebijakan tidak hanya akan menimbulkan ketidakpuasan pegawai tetapi juga penutupan bisnis. Industri F&B yang perlu memastikan seluruh cabang telah mematuhi regulasi dapat memanfaatkan fleksibilitas aplikasi HRIS. HRIS dapat dengan mudah menyesuaikan perubahan kebijakan ketenagakerjaan melalui pembaruan reguler oleh pengembang aplikasi sehingga perubahan peraturan tertentu segera diberlakukan.

  • Aplikasi HRIS Memiliki Sistem Data Terpusat

Ekspansi yang dilakukan perusahaan industri F&B cenderung memiliki sistem pengelolaan data pegawai yang berbeda pada setiap cabang. Salah satu cabang mungkin menggunakan file excel untuk menampung data pegawai sementara cabang lainnya masih menggunakan dokumen fisik. HRIS menerapkan sistem komprehensif yang menyatukan seluruh data pengelolaan pegawai ke dalam satu bentuk data terpusat. Pegaw.ai adalah platform manajemen untuk kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki fungsi manajemen operasional. Melalui open API, Pegaw.ai dapat diintegrasikan secara mandiri oleh pengguna dengan sistem lain di perusahaan mereka. Semua ukuran perusahaan (mikro, kecil, menengah, besar), apapun industri dan jenis usahanya, Pegaw.ai dapat dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan anda.
  coba gratis pegaw.ai